Dissertation Writing Retreat di Samboang White House

Pantai Samboang, Bulukumba, Indonesia, sebuah lokasi yang biasanya menyajikan keindahan alamnya, kini menjadi saksi dari kegiatan akademis yang luar biasa. Sebelas mahasiswa program doktor angkatan 2021 dari Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Makassar, bersama dua dosen pembimbing, telah menggelar Dissertation Writing Retreat di White House Samboang sejak tanggal 23 hingga 30 November 2023.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris sebagai langkah inovatif untuk mendorong penyelesaian studi dan disertasi mahasiswa program doktor angkatan 2021. Dengan lokasi yang memukau di Pantai Samboang, retreat ini tidak hanya memberikan suasana tenang, tetapi juga menyuguhkan berbagai kegiatan yang mendukung kreativitas dan produktivitas para mahasiswa dalam menulis.

Setiap harinya, para mahasiswa terlibat dalam sesi menulis hasil penelitian, mendapatkan coaching, dan arahan langsung dari dosen, termasuk Prof. Amirullah dan ketua program studi, Prof. Muhammad Basri. Mereka dibimbing dalam aspek format, pola, dan diberikan contoh penyusunan hasil penelitian. Selain itu, setiap mahasiswa juga mendapatkan individual tutorial untuk membantu mereka menemukan research claim dan model pembelajaran sebagai bentuk inovasi atau novelty dari penelitian mereka.

Berbagai fasilitas dapat peserta nikmati, termasuk penginapan dengan fasilitas lengkap dan nyaman yang menghadap langsung ke pantai. Selain itu, juga menyajikan makanan enak dan bergizi tiga kali sehari, ditambah dengan cemilan-cemilan di sela-sela waktu menulis. Keberadaan pantai sebagai latar belakang memberikan inspirasi tambahan untuk menulis.

Selain kegiatan akademis, mahasiswa dan dosen pembimbing juga merasakan serangkaian kegiatan lainnya, seperti memilih dan mengolah sendiri ikan tuna, menikmati keindahan pantai dengan mandi dan berendam, serta berpartisipasi dalam olahraga dan senam pagi yang menyegarkan. Bahkan, mereka juga menikmati makanan olahan laut lainnya, menyantap hidangan cumi, udang, dan kepiting besar di beberapa tempat makan dan wisata terkenal di sekitar Pantai Samboang.

Kegiatan ini tentunya menjadi momen akademis yang berharga dan meninggalkan kesan mendalam bagi para peserta. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi program-program doktor lainnya untuk merancang inisiatif serupa guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan akademis mahasiswa. Pantai Samboang, dengan keindahannya, kini tidak hanya dikenal sebagai destinasi liburan, tetapi juga sebagai saksi dari persembahan akademis dalam penyusunan disertasi bagi para peserta.