Mahasiswa Asing Program Doktor di PPs UNM Presentasi Proposal Riset Bahasa Makassar

Brandon Marshall memilih riset bahasa Makassar sebagai lanjutan riset tesis magister di La Trobe University, Bendigo, Victoria berjudul A Preliminary Language Ecology on The Bugis and Makassar Speech Communities of Soure Sulawesi.

Brandon Marshall adalah mahasiswa asing pada Program Doktor (S-3) Pendidikan Bahasa Inggris jalur riset akan meneliti Language Choice, Change, and Continuity in A Makassar Speech Community.

Landasan teori riset Brandon Marshall adalah ekologi bahasa. Lokus riset di Sampulungan, Galesong Utara, Kabupaten Takalar. Dia telah bermukim beberapa tahun di lokus riset.

Riset Brandon Marshall bersifat studi etnografi dengan metode observasi partisipan. Kegiatan yang diamati, seperti keagamaan, media sosial, dan perilaku berbahasa.

Prof. Muhammad Basri Jafar, M.Ed., Ph.D. selaku promotor mengharapkan agar riset Brandon Marshall menghasilkan teori baru di bidang Ekologi Bahasa. “Sebagai murid dari Mark Gadner, saya telah mencetus teori ekologi literasi bahasa. Brandon Marshall yang juga muridnya harus menemukan teori baru yaitu ekologi bahasa Makassar,” tantang Kaprodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris.

Prof. Dr. Anshari, M.Hum. selaku kopromotor sangat salut kepada Brandon Marshall karena riset itu muncul saat lama bermukim di Sampulungan. “Brandon Marshall adalah contoh peneliti etnografi yang sejati. Dia sudah bertahun-tahun tinggal di lokus riset sehingga memahami mendalam perilaku berbahasa masyarakatnya,” puji Guru Besar Pendidikan Bahasa Indonesia.

Source: https://wartalldikti9.com/2019/03/14/mahasiswa-asing-program-doktor-di-pps-unm-presentasi-proposal-riset-bahasa-makassar/