Dosen Pendidikan Bahasa Inggris UNM Mengadakan Pelatihan Menulis Paragraf Deskriptif

Dua dosen Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Nasyarakat (LP2M) UNM.

Mengadakan PKM Menulis Paragraf Deskriptif kepada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNM. Dua dosen tim PKM tersebut adalah Amra Ariyani S Pd M Pd dan Dr Sahril M Hum.

Menurut Amra Ariyani yang juga ketua tim PKM, kegiatan PKM ini bertujuan untuk melatih keterampilan menulis mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris terutama menulis esai secara berkelompok.

“Adapun materi pelatihan PKM tersebut terdiri atas konsep esai deskriptif, bagian-bagian esai, cara membuat outline esai deskriptif, dan mengoreksi tulisan deskriptif tersebut,” ujar Amra Ariyani.

Arma Ariyani menambahkan bahwa hasil dari pelatihan ini adalah mahasiswa mulai mengerti dan memahami cara menulis esai deskriptif, dengan membuat outline esai terlebih dahulu. Walaupun mereka belum terbiasa menulis sebuah esai dengan baik dan masih memiliki kosa kata yang terbatas.

“Manfaat lain dari pelatihan ini adalah mahasiswa belajar bekerjasama di dalam kelompok untuk membuat esai deskriptif,” kata Amra Ariyani.

PKM cikal bakal team work

Kegiatan PKM ini juga disambut baik oleh pimpinan FBS UNM, Sukardi Weda yang juga Wakil Dekan 3 FBS UNM. Sukardi mengatakan, pelatihan menulis ini sangat strategis untuk membangun kemampuan mahasiswa membuat karangan atau paragraf deskriptif.

Disisi lain, kegiatan PKM ini juga dapat menumbuhkan sikap mahasiswa untuk membangun tim yang handal sebagai cikal bakal kerja tim (team work) dalam pekerjaan atau pada masyarakat nantinya.

Atas terlaksananya kegiatan PKM ini, tim menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang turut membantu.

Diantaranya Rektor UNM Prof Dr Husain Syam M TP, Ketua LP2M UNM Prof Dr Ir Bakhrani Rauf, Dekan FBS UNM Prof Dr Syukur Saud M Pd. Juga kepada mahasiswa Program Studi Pendidikam Bahasa Inggris kelas C.

Source:
https://www.lines.id/2020/06/30/dosen-fbs-unm-mengadakan-pelatihan-menulis-paragraf-deskriptif/